Sumber : https://m.detik.com/food/read/2017/01/10/175657/3392572/297/super-nova-rajanya-jeruk-yang-manis-dan-tanpa-biji

Lusiana Mustinda – detikFood
Super Nova, Rajanya Jeruk yang Manis dan Tanpa BijiFoto: iStock
Jakarta – Ada banyak jenis buah jeruk. Tapi, jeruk yang satu ini rajanya jeruk. Karena punya rasa manis dan tanpa biji.

Clementines, mandarin, jeruk keprok, satsuma, hingga orange menjadi jenis buah jeruk yang sering ditemukan disekitar kita. Tapi, ternyata ada jenis buah jeruk yang disebut-sebut memiliki rasa paling enak.

Buah ini tidak mengandung biji, rasa manis dan agak asam dengan aroma aromatik serta warna oranye yang pekat. Disebut dengan nama Super Nova.

Super Nova, Rajanya Jeruk yang Manis dan Tanpa BijiFoto: iStock

Dilansir dalam Independent (09/01), Super Nova sebenarnya merupakan jeruk jenis Mandarin. Di tahun 1966, sebuah perkebunan jeruk dari Orlando bernama Jack Hearn menciptakan buah dengan perkawinan silang dua varietas mandarin yaitu Lee dan Nova.

“Dalam 34 tahun, saya sudah melihat tanaman ini akan memiliki hasil buah yang enak,” tutur Randall Driggers, seorang peneliti untuk US Department of Agriculture (USDA).

22 tahun kemudian tepatnya pada tahun 1988, Hearn memutuskan untuk mengirim beberapa cabang pohon muda ke California untuk melihat apakah mereka akan mendapatkan hasil yang bagus. Sementara itu pohon-pohon ini tidak begitu banyak buah.

Super Nova, Rajanya Jeruk yang Manis dan Tanpa BijiFoto: iStock

Dan pada awal 2000-an, produksi jeruk mandari di California semakin berkembang. Beberapa petani menanam kebun buah hybrid yang dikenal sebagai USDA 88-2, Lee x Nova atau Novalee termasuk LoBue Citrus yang ditaman 70 acre di tahun 2010.

Karena semakin berkembang, tentu jenis buah jeruk ini memerlukan nama agar makin dikenal luas. USDA 88-2 hampir tidak menarik perhatian sama sekali saat konsumen melihat buah ini di supermarket. Akhirnya Robert LoBue, manajer umum LoBue Citrus akhirnya memberi nama Super Nova.

“Nama ini terinspirasi oleh warna oranye yang terang dan rasanya yang enak,” jelasnya dalam LA Times beberapa waktu lalu.
(lus/odi)

Advertisements