Sumber : https://inet.detik.com/cyberlife/3393041/perpisahan-obama-jadi-juara-trending-topic-dunia

Foto: REUTERS/Jonathan Ernst Foto: REUTERS/Jonathan Ernst

Jakarta – Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, segera lengser dari kursinya setelah menjabat selama dua periode. Pria yang pernah menghabiskan masa kecilnya di Indonesia itu pun menyuarakan pidato perpisahan yang menyita perhatian dunia.

Netizen pun ramai membicarakannya. Terbukti tagar #ObamaFarewell menduduki posisi puncak trending topic dunia. Banyak yang bersedih Obama akan meninggalkan kursi presiden AS yang akan digantikan oleh Donald Trump.

“Aku akan selalu mengingat presiden yang menghargai persamaan dibanding perpecahan, kesabaran dibanding propaganda dan yang paling penting, cinta di atas kebencian,” tulis akun bernama Jon Risinger.

“Sangat senang aku memilih pria ini. Senang menyaksikan pemimpin, suami dan ayah yang satu ini,” tulis akun Maria Shiver.

“Terima kasih Mr President. Selalu penuh kelas, pembicara yang brilian dan gentleman sejati, Barack Obama, kami mencintai Anda,” tulis akun yang lain.

Saksikan video 20detik di sini:

Banyak pula yang memajang foto Obama dengan kalimat-kalimat yang menggugah. Dalam pidatonya, Obama menyampaikan sejumlah pencapaian yang telah diraih selama dua periode masa jabatannya.

Di depan para pendukungnya di kota asalnya, Chicago pada Selasa, 10 Januari waktu setempat, Obama juga menyatakan bahwa dirinya tidak pernah melupakan visinya akan perubahan progresif.

“Inilah ketika saya belajar bahwa perubahan hanya bisa terjadi ketika orang-orang biasa diajak terlibat, dan bersama-sama menginginkan itu (perubahan),” ujar Obama seperti detikINET kutip CNN, Rabu (11/1/2017).

“Setelah delapan tahun sebagai Presiden kalian, saya masih percaya itu,” imbuh Obama. “Dan itu bukan cuma keyakinan saya. Itu detak jantung dari ide Amerika kita — eksperimen yang berani di pemerintahan kita sendiri,” tandas Obama.

(fyk/rou)

Advertisements