Sumber : https://inet.detik.com/consumer/3393247/nokia-6-bakal-dilengkapi-asisten-digital-namanya-viki

Foto: istimewa/gizmochina Foto: istimewa/gizmochina

Jakarta – Meski baru kembali ke pasar smartphone, Nokia tentu tak mau kalah dengan pabrikan lain dalam menambahkan fitur ke perangkat anyarnya itu.

Dalam waktu dekat mereka disebut akan merilis fitur asisten digital yang kemungkinan akan bernama Viki. Asisten digital ini akan punya fungsi yang sama seperti Google Assistant, Apple Siri dan asisten virtual Samsung yang kabarnya akan bernama Bixby.

Rumor soal Viki ini muncul setelah GSMInfo.nl menemukan sebuah pendaftaran paten oleh Nokia soal software dengan fungsi layaknya asisten digital. Dalam deskripsi pendaftaran paten itu tertulis software ini bisa dipakai untuk mengakses informasi di internet dengan tampilan ala software pengiriman pesan instan.

“Software ini dipakai untuk membuat dan memantau situs web dan mobile asisten digital. Bekerja menggunakan pengetahuan dan mengkombinasikan semua sumber data dalam sebuah tampilan antarmuka chat dan juga berbasis suara,” seperti yang tertera dalam laporan pendaftaran paten itu.

Tak jelas apakah asisten digital ini nantinya hanya akan dipakai di ponsel Nokia, atau juga akan dipakai di smartphone Android lainnya. Seperti yang dilakukan Huawei, yang menggunakan Amazon Alexa pada Mate 9-nya.

Kembalinya Nokia ke pasar smartphone dimulai dengan merilis Nokia 6, yang mengusung layar 5,5 inch full HD dengan kaca 2,5D. Prosesornya Snapdragon 430, dengan RAM 4 GB dan storage 64 GB, demikian dikutip detikINET dari Digital Trends, Rabu (11/1/2017).

Di sektor kamera, Nokia 6 mengusung resolusi 16 megapixel serta kamera depan 8 megapixel. Ada juga dual amplifier yang menghantarkan suara 6dB lebih keras dan Dolby Atmos meningkatkan kualitas output audio ponsel seharga USD 246 atau sekitar Rp 3,2 juta ini. (asj/fyk)

Advertisements