Sumber : http://www.duniaq.com/cara-membuat-kerajinan-tangan-dari-kardus/

http://zhahab.blogspot.co.id/

Sederhana bukan?
Semua orang bisa membuatnya, hanya tinggal ada kemauan atau tidak. Toh menciptakan karya kreatif penuh nilai jual tinggi tak membutuhkan gelar kok, hanya cukup imajinasi dan jiwa seni tinggi, semua itu bisa diraih tanpa harus duduk di bangku kuliah. So, ayo buat dari sekarang.

Hasil kerajinan kardus yang paling terkenal adalah Danbo. Percaya kan? Boneka kardus berkepala kotak itu menjadi icon sebuah perusahaan besar di Jepang. Selain lampu gantung seperti gambar di atas, masih banyak sekali kerajinan kreatif yang dapat dibuat dari kardus.
Baca juga: 7 Contoh Kerajinan Tangan dari Sedotan

Peralatan dan Perlengkapan untuk Membuat Lampu Hias Dari Kardus Bekas

http://zhahab.blogspot.co.id/

Bagaimana cara membuat lampu gantung seperti gambar di atas? Adapun alat dan bahan yang harus dipersiapkan, antara lain:

  1. Kardus bekas
  2. Lem tembak
  3. Penggaris
  4. Pensil
  5. Cat semprot

Langkah-langkah Membuat Lampu Hias dari Kardus Bekas

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan, antara lain:
http://zhahab.blogspot.co.id/

Kardus yang telah siap dipotong sesuai ukuran, kalau bisa tidak terlalu besar dari ukuran lampu, biasanya ukuran yang digunakan panjang 60 cm dan lebar 21 cm atau sesuai keinginan. (Baca juga: Kerajinan Tangan dari Barang Bekas)
http://zhahab.blogspot.co.id/

Kardus dapat dicat di bagian sisi yang lain. Warna putih kardus akan digunakan sebagai warna dalam, sehingga lampu dapat bersinar terang. (Baca juga: Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas)
Sisi kardus yang tidak dicat dapat ditandai menjadi lima atau lebih bagian sesuai keinginan, lalu garis dan potong kardus yang sudah tertandai. Hal ini agar kardus dapat dilipat menjadi segi lima.

http://zhahab.blogspot.co.id/

Kardus yang telah dilipat segi lima dibentangkan kembali, lalu dipotong panjang-panjang sesuai keinginan, kemudian disusun sesuai gambar.
http://zhahab.blogspot.co.id/

Setelah selesai, buatlah atap lampu atau kap bagian atas sebagai penyangga lampu. (Baca juga: 7 Macam Kerajinan Tangan dari Kain Flanel)
http://zhahab.blogspot.co.id/

Setelah kap lampu selesai, tinggal direkatkan dengan frame yang telah kita buat sebelumnya.

Advertisements