Sumber : https://news.detik.com/berita/3393390/anies-sandi-ingin-wujudkan-green-city-di-jakarta-begini-konsepnya

Anies-Sandi Ingin Wujudkan Green City di Jakarta, Begini KonsepnyaAnies dan Sandiaga saat Rabu Bersama (Foto: Ari Saputra)

Jakarta – Pasangan nomor urut 3 di Pilgub DKI, Anies Baswedan-Sandiaga Uno punya konsep membangun Jakarta menjadi kota yang ramah lingkungan atau green city. Pengelolaan dilakukan mulai terkait sampah hingga energi.

“Jadi kita ingin kota Jakarta ini kota yang ramah lingkungan mengadopsi prinsip-prinsip suistainable development di dalam setiap kegiatan pembangunannya. Itu artinya menggunakan sumber daya secara efisien,” ujar Anies di GOR Sunter Jalan Danau Sunter Selatan No. 1, Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (11/1/2017).

Pengelolaan sumber daya yang efisien dilakukan secara efektif. Prosesnya dikerjakan secara ramah lingkungan sehigga menghasilkan output.

“Efektif sumber dayanya, prosesnya dikerjakan secara ramah lingkungan dan outputnya, hasilnya itu memunculkan karya sekaligus residu atau sisa yang bisa dikembalikan,” jelasnya.

Selain membuat Jakarta menjadi kota yang ramah lingkungan, konsep green city itu dinilai Sandiaga juga dapat menciptakan lapangan kerja. Dia mencontohkan pengelolaan daur ulang sampah ibu kota.

“Jadi misalkan dalam proses pengumpulan sampah dari rumah. Dibutuhkan pengumpul yang menjemputnya dari rumah-rumah. Ini pasti membutuhkan banyak tenaga, jadi bukan hanya pemilah di rumah,” ujar Sandiaga.

Anies menambahkan, bahwa prinsip suistainable development adalah memanfaatkan energi dengan proses input dan output yang baik. Menurutnya, saat ini pembangkit listrik di Jakarta belum ramah lingkungan.

“Kegiatan perekonomian kita itu menggunakan listrik, apakah listrik kita sekarang sudah menggunakan sumber daya atau pembangkit listrik yang ramah lingkungan, di Jakarta masih belum,” sebutnya.

Anies menyadari jika masalah sumber daya listrik bukan otoritas yang dimiliki oleh seorang gubernur. Namun dengan program tersebut pihaknya berharap Jakarta mampu menghadirkan energi yang terbarukan.

“Tetapi arahnya adalah kita ingin memanfaatkan energi terbarukan, daripada energi-energi yang tidak ramah pada lingkungan dan tak terbarukan,” imbuhnya.

Sandiaga membenarkan pernyataan Anies tersebut. Listrik dengan sumber daya dari pengolahan sampah adalah energi yang terbarukan.

“Sampah ini adalah energi terbarukan, karena tidak mengambil dari sumber daya sumber berbasis fosil,” jelas Sandiaga lagi.

(nvl/imk)

Advertisements