Sumber : https://m.detik.com/food/read/2017/01/10/191109/3392657/287/88-korean-kitchen-puas-menikmati-racikan-ayam-sepedas-mie-samyang

Maya Safira – detikFood
88 Korean Kitchen: Puas Menikmati Racikan Ayam Sepedas Mie SamyangFoto: Detikfood
Jakarta – Pernah mencoba mie Samyang? Jika ingin tahu sensasi asli buldak, bisa mencobanya di restoran ini. Dijamin tersengat kepedasannya!

88 Korean Kitchen di kawasan Senopati punya menu andalan Buldak atau fire chicken yang bercitarasa sangat pedas. Sajian inilah yang menjadi rasa dari mie goreng Samyang.

Kabarnya di 88 Korean Kitchen, buldak dibuat dengan 3 level. Tergelitik rasa penasaran, kamipun mampir ke sana untuk makan malam.

Restoran berpencahayaan kuning temaram ini ternyata ramai dikunjungi warga Korea di Jakarta. Semua bangku terisi oleh mereka yang sedang menikmati ayam sambil minum bir.

Setelah memilih tempat duduk, seorang staf restoran menawarkan buku menu. Terlihat pilihannya cukup beragam tapi tidak sepenuhnya otentik. Beberapa diantaranya merupakan menu Korea fusion.

Ada pilihan ayam, seafood, daging sapi dan babi. Seperti fried chicken, buldak, spicy chicken foot, seafood cheese tteokbokki, grilled bulgogi, seafood champong stew, smoked grilled duck, hingga dakgalbi dengan keju.

Staf mengatakan pada kami bahwa menu-menu tersebut baru bisa dinikmati selepas jam makan siang sampai pukul 00.00. Sedangkan pada pukul 11.30-15.00 restoran hanya menyediakan lunch set menu. Terdiri dari pilihan daging atau seafood dengan pelengkap nasi, sup, 3 makanan pelengkap dan salad.

Karena datang malam, kami bisa memesan ‘Buldak’ Super Spicy Chicken with Rice Ball (Rp 190.000). Meski ada 3 level pedas, kami akhirnya memutuskan pilihan level 1,5.

Buldak disajikan dalam hot plate yang menjaga panasnya. Warnanya tampak begitu merah. Aroma gochujang cukup tercium dari sajian ini.

88 Korean Kitchen: Puas Menikmati Racikan Ayam Sepedas Mie SamyangFoto: Detikfood

Tampilan buldak racikan 88 Korean Kitchen mirip dengan tteokpokki. Kuah merah kental dengan berbagai isian. Ada potongan fillet ayam, tteok (rice cake), wortel, daun bawang, irisan kol, dan bawang bombay. Tidak ketinggalan pemakaian irisan cabai rawit.

Tekstur ayamnya terasa empuk juicy. Begitu juga dengan tteok yang kenyal enak. Sementara kuahnya benar-benar pedas bagi kami! Padahal hanya level 1,5.

Bumbu itu memang mirip saus tteokbokki yang gurih pedas. Ada citarasa paduan gochujang, bawang putih dan bubuk cabai. Sensasi awalnya hanya pedas biasa, tapi lama kelamaan rasa pedas menyebar ke seluruh mulut. Huahh!!

Sengatan pedasnya tidak hilang-hilang dalam waktu lama. Kami sampai bolak-bolak minum es teh yang bisa refill. Walau rasanya enak, kami tidak kuat menghabiskan kuahnya.

Selain minuman, salah satu penyelamatnya adalah rice ball yang jadi pelengkap buldak. Bola-bola nasi ini diracik memakai tobiko (telur ikan) dan rumput laut kering.

88 Korean Kitchen: Puas Menikmati Racikan Ayam Sepedas Mie SamyangFoto: Detikfood

Citarasa nasi cenderung hambar dengan aroma minyak wijen kuat. Sehingga cocok dimakan bersama buldak yang berbumbu pekat.

Disamping buldak, kami juga mencoba hidangan ayam lainnya. Berupa Original Spicy Chicken ukuran Half (Rp 95.000). Meski ada embel-embel pedas, namun sebenarnya ini merupakan racikan ayam goreng Korea.

Dalam sepiring spicy chicken tampak tujuh potong ayam. Ayam goreng berwarna cokelat semburat kemerahan itu tampak mengkilap. Dipermukaannya ada taburan wijen hitam. Saat datang, ayam goreng didampingi tiga saus pelengkap.

88 Korean Kitchen: Puas Menikmati Racikan Ayam Sepedas Mie SamyangFoto: Detikfood

Baru pertama masuk ke mulut, kami sudah jatuh cinta dengan racikan ayam goreng itu. Setelah mencoba beberapa ayam goreng Korea di Jakarta, buatan 88 Korean Kitchen jadi yang paling enak. Mirip citarasa asli di Korea.

Tepung yang melapisi permukaan ayam terasa begitu tipis renyah. Berpadu sempurna dengan bumbu sedikit lengket yang menempel pada ayam.

Bumbunya pun meresap hingga ke dalam daging ayam. Ada jejak rasa soy sauce gurih, sedikit pedas gochujang dan rasa manis mirip madu. Apalagi tekstur daging ayam goreng juga juicy. Nikmat dan membuat ketagihan!

Karena bumbu ayam goreng sudah enak, kami jarang mencocolnya ke saus pelengkap. Tapi jika ingin mencoba, saus ada yang bercitarasa manis dengan jejak sitrus, pedas gurih beraroma bawang putih dan satu lagi mirip mayonnaise dengan sedikit rasa buah.

88 Korean Kitchen: Puas Menikmati Racikan Ayam Sepedas Mie SamyangFoto: Detikfood

Pelayanan restoran juga cukup memuaskan. Kami mendapat komplimen berupa acar segar, udang goreng kecil yang begitu renyah hingga jagung saus creamy manis dengan lelehan keju. Semuanya enak! Khususnya menu jagung yang bisa membantu atasi rasa pedas buldak.

Ingin menikmati ayam goreng Korea sedap atau mau menantang diri coba kepedasan buldak? Datang saja ke restoran ini.

88 Korean Kitchen
Jl. Senayan No. 16 Lt. 1
(dekat supermarket Mu Gung Hwa)
Blok S
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telp: 021-7223077
(msa/odi)

Advertisements