Sumber : http://oto.detik.com/read/2016/09/02/152404/3289779/1207/pabrik-sienta-di-jepang-sama-seperti-di-indonesia

Pabrik Sienta di Jepang Sama Seperti di Indonesia

Foto: Agung Pambudhy

Sendai -Kalau ada yang meragukan kualitas All New Sienta, lebih baik berpikir ulang. Karena bisa dipastikan pabrik All New Sienta di Jepang dan di Indonesia sama persis.

Artinya produk All New Sienta di Indonesia, benar-benar memiliki kualitas yang sama seperti Sienta yang ada di Jepang. Hal ini langsung disampaikan Managing Officer General Manager Miyagi Ohira Plant, Mitsuo Okubo, di Sendai, Jepang.

“Selamat datang di Toyota Motor East Japan (TMEJ), INC, pabrik ini berdiri sejak Juli 2012. Pabrik ini memang dikhususkan untuk bisa memproduksi dan menjadi pemimpin untuk mobil kompak,” katanya.

“Kami memiliki 3 plant yang memproduksi hingga 510.000 unit per tahun. Kami memproduksi Sienta untuk pasar domestik Jepang dan diekspor ke Hongkong sebanyak 94 unit per bulannya. Untuk pasar domestik Jepang awalnya kami targetkan 7.000-an per bulan, namun permintaannya sekarang mencapai 8.000-10.000 unit per bulan,” ujarnya.

Dirinya pun menjelaskan, pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan Toyota Motor East Japan (TMEJ) memiliki kualitas yang sama dalam memproduksi Sienta. Karena TMMIN juga ikut membantu kelahiran Sienta di Jepang bersama TMEJ, mulai dari tahap drawing (menggambar desain).

“Sehingga ini bisa memberi kesempatan kepada konsumen di Indonesia, untuk bisa merasakan pengalaman berkendara Sienta di Indonesia. Karena All New Sienta memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya laris di Jepang dan akan laris juga di Indonesia. Dengan memiliki desain menarik, mesin 1.5 liter yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen, memiliki 7 penumpang, menjadi mobil kompak dengan sliding door,” katanya.

Namun dirinya mengakui, memang ada perbedaan antara Sienta di Jepang dan Indonesia.

“Sienta akan memiliki kualitas sesuai dengan kreteria negara masing-masing. Namun memiliki kriteria kualitas cek yang sama. Karena ini menjadi projek pertama TMEJ untuk support afiliasi di luar Jepang,” ujarnya.

“Perbedaan All New Sienta hanya terletak pada bagian suspensi, ground clearance yang lebih tinggi dengan pengujian ekstra hingga 40 cm dengan kecepatan 20 km/jam, selain itu All New Sienta di Indonesia dilengkapi dengan double blower pada bagian tengah,” katanya.

Dalam pantauan detikOto, pabrik Sienta di Jepang ini sama seperti persis seperti produksi All New Sienta di Indobesia. Baik dari sistem produksi hingga fasilitas yang dimilikinya. (lth/rgr)

Advertisements