Sumber : http://inet.detik.com/read/2016/11/11/112342/3342919/398/facebook-disalahkan-atas-kemenangan-trump-zuck-membela?mpiinet

Facebook Disalahkan Atas Kemenangan Trump, Zuck MembelaFoto: Getty Images

Jakarta – Facebook dianggap menjadi salah satu penyebab Donald Trump bisa menang di Pemilihan Presiden (Pilpres) AS. Namun CEO Facebook Mark Zuckerberg menyebut anggapan itu adalah pemikiran yang gila.

Anggapan itu muncul karena Facebook dianggap menyebarkan sejumlah berita bohong yang mendukung Trump selama Pilpres AS berlangsung, demikian dikutip detikINET dari USA Today, Jumat (11/11/2016).

“Menganggap itu (berita bohong) bisa mempengaruhi Pilpres AS adalah pemikiran yang cukup gila. Para pemilih mengambil keputusan berdasarkan pengalaman hidupnya,” ujar Zuck dalam konferensi Techonomy di California, AS.

Menurut Zuck, orang-orang yang kaget atas kemenangan Trump terlalu menganggap remeh dukungan terhadap presiden terpilih dari Partai Republik itu. “Saya pikir itu adalah rasa empati yang sangat kecil, dengan menganggap seseorang memilih hanya berdasarkan sejumlah berita bohong,” tambah Zuck.

Salah satu alasan Zuck menganggap berita bohong di Facebook tak mempengaruhi Pilpres AS adalah karena berita bohong yang beredar tak cuma menyerang salah satu kandidat, melainkan keduanya, yaitu Hillary Clinton dan Donald Trump.

“Menurut Anda bagaimana mungkin ada berita bohong hanya ada pada satu sisi dan tak ada pada sisi lainnya,” ujarnya.

Namun perlu diingat juga, dalam sebuah investigasi yang dilakukan BuzzFeed pada awal 2016 terungkap kalau berita bohong yang tersebar di Facebook 38%-nya menyerang partai sayap kanan (Parta Republik yang mendukung Trump), sementara hanya 20% yang menyerang partai sayap kiri (Partai Demokrat yang mendukung Hillary). (asj/ash)

Advertisements